Sektor
pariwisata merupakan salah satu industri jasa terbesar saat ini yang secara
nyata mampu mempengaruhi pertumbuhan ekonomi global. Dan dengan kemajuan ICT
yang sangat pesat dewasa ini, internet/web kini merupakan salah satu wahana yang
potensial untuk mempromosikan pariwisata di tanah air. Industri pariwisata
dewasa ini telah menjadi salah satu industri yang sangat
menjanjikan karena dapat memberikan keuntungan yang sangat berarti bagi pengusaha pariwisata itu sendiri, wilayah dan masyarakat sekitar bahkan tidak tertutup kemungkinan memberikan manfaat nyata bagi suatu negara. Dengan demikian tidak mengherankan kalau saat ini kita melihat begitu banyak negara baik negara maju maupun negara sedang berkembang berusaha untuk terus mengembangkan Industri Pariwisata. Salah satu faktor pendorong majunya industri pariwisata adalah perkembangan dan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang terkenal dengan istilah ICT (Information and Communication Technology). Namun demikian terdapat beberapa kendala dan tantangan jika kita ingin memanfaatkan teknologi ini. Di antaranya adalah keterbatasan kapasitas SDM (sumber daya manusia) sebagai pengelola tempat wisata dalam hal penguasaan ICT.
menjanjikan karena dapat memberikan keuntungan yang sangat berarti bagi pengusaha pariwisata itu sendiri, wilayah dan masyarakat sekitar bahkan tidak tertutup kemungkinan memberikan manfaat nyata bagi suatu negara. Dengan demikian tidak mengherankan kalau saat ini kita melihat begitu banyak negara baik negara maju maupun negara sedang berkembang berusaha untuk terus mengembangkan Industri Pariwisata. Salah satu faktor pendorong majunya industri pariwisata adalah perkembangan dan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang terkenal dengan istilah ICT (Information and Communication Technology). Namun demikian terdapat beberapa kendala dan tantangan jika kita ingin memanfaatkan teknologi ini. Di antaranya adalah keterbatasan kapasitas SDM (sumber daya manusia) sebagai pengelola tempat wisata dalam hal penguasaan ICT.
Perkembangan
TIK melahirkan beberapa konsep baru, seperti e-government (pemanfaatan
teknologi informasi untuk mendukung bidang pemerintahan), e-procurement
(pemanfaatan teknologi informasi untuk mendukung proses pengadaan barang dan jasa),
hingga konsep baru e-tourism. Beberapa alasan mendasar atau utama mengapa perusahaan/instansi
ingin memiliki sebuah website atau situs internet, diantaranya adalah :
1. Memperluas
jangkauan promosi, dengan memiliki website maka produk/jasa yang di keluarkan
lebih banyak dikenal masyarakat bahkan sampai ke manca negera. Produk yang bisa
ditawarkan melalui website bisa berupa produk barang maupun jasa. Dengan luasnya
promosi maka otomatis akan meningkatkan perusahaan kita.
2. Media
tanpa batas, internet adalah media informasi yang tanpa batas. Dengan memiliki
website berarti sama saja memiliki karyawan yang mempromosikan produk/jasa selama
24 jam sehari dan 7 hari seminggu.
3. Internet
bisa diakses oleh seluruh lapisan masyarakat seantero dunia (unlimited user access).
4. Promosi
terluas, internet adalah media promosi terluas jika dilihat dari kacamata jangkauan
atau cakupan area (unlimited scopt of areas).
5. Media
pengenalan perusahaan. Jika kita baru saja mendirikan perusahaan atau baru saja
meluncurkan sebuah produk, maka solusi pertama adalah dengan membuat website. Karena
dengan adanya website produk akan lebih cepat dikenal oleh masyarakat. Karena dengan
website informasi apapun bisa kita kenalkan secara lengkap.
6. Sebagai
media promosi, Internet merupakan salah satu media promosi yang menawarkan biaya
yang relatif efisien dikaitkan dengan jangkauan area dengan optimalisasi
manfaat terbesar.
Pada prinsipnya, tujuan dibuatnya
teknologi website secara online adalah bertujuan untuk mendatangkan pengunjung
potensial sebanyak-banyaknya, dengan harapan semakin banyak orang yang dapat
melihat informasi yang disediakan pada web tersebut. Dari segi bisnis akan
lebih banyak orang yang mengenal produk/jasa yang ditawarkan.
Dalam beberapa dekade terakhir
perkembangan teknologi multi media memberikan dampak positif bagi perkembangan
seni dan budaya, terlebih dalam hal pengkemasan, promosi dan pemasaran objek wisata,
seni dan budaya. Pemanfaatan teknologi multi media dalam pengembangan wisata,
seni dan budaya Pengembangan objek wisata, seni dan budaya menjadi hal penting
untuk di lakukan, karena akan mendatangkan banyak manfaat jika objek wisata,
seni dan budaya memiliki daya tarik serta keistimewaan. Tentunya ini akan
mendatangkan keuntungan baik dalam hal ekonomi, sosial maupun bagi seni dan budaya
itu sendiri. Dengan datangnya wisatawan karena terpikat oleh daya tarik dan
pesona wisata, seni dan budaya tentunya juga akan meningkatkan devisa bagi
perekonomian wilayah setempat. Pada dasarnya penerapan teknologi didalam proses
pengembangan objek wisata, seni dan budaya memiliki dua arah pengembangan yaitu
arah kedalam (internal) dan arah keluar (eksternal). Pengembangan kedalam
(internal) : Dalam proses ini pengembangan potensi yang dimiliki oleh objek
wisata, seni dan budaya dikemas dan di kembangkan dengan memanfaatkan media teknologi
sehingga wujud serta kualitas objek menjadi lebih kompetitif tetapi tidak
mengurangi nilai nilai dasar yang terkandung didalam setiap objek yang dikembangkan.
Dengan pemanfaatan website dalam promosi tempat-tempat pariwisata dalam Indonesia,
dapat meningkatkan jumlah pengunjung dalam negeri maupun mancanegara. Kemajuan
ICT perlu dioptimalkan oleh pihak-pihak yang terlibat dalam perancangan dan
pembuatan website guna mendorong kemajuan industri pariwisata. Optimasi dapat
dilakukan dengan memperbaiki tampilan halaman website, melengkapi sarana bahasa
dan informasi, serta meningkatkan level interaksi dalam berkomunikasi dengan
pengunjung. Konsekuensi untuk mencapai hasil yang optimal, adanya alokasi
anggaran dana yang berkesinambungan untuk memaksimalkan pengelolaan ICT yang
diterapkan nantinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar